SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Posted
by aditnanda on 10/10/2013
Setelah sekian lama tidak menulis suatu artikel,,kali
ini saya akan membahas tentang materi dari dosen saya,yaitu mengenai Sistem
Informasi Manajemen.
Langsung saja yang pertama…
PENGERTIAN
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah salah satu dari lima subsistem utama CBIS.Tujuannya adalah
memenuhi kebutuhan informasi umum semua manajer dalam perusahaan atau dalam
subunit organisasional perusahaan.Subunit dapat didasarkan pada area fungsional
atau tingkatanmanajemen.Semua sistem informasi fungsional dapat
dipandang sebagai suatu sistem dari berbagai subsistem input,database,dan
subsistm output.
Sistem Informasi Manajemen (SIM) didefinisikan sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan
informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang serupa.Para pemakai biasanya membentuk suatu entitas
organisasi formal.,perusahaan atau subunit di bawahnya.Informasi menjelaskan perusahaan
atau salah satu sistem utamanya mengenai apa yang telah terjadi di masa
lalu,apa yang sedang terjadi sekarang dan apa yang mungkin terjadi di masa
depan.Informasi tersebut tersedia dalam bentuk laporan periodik,laporan
khusus,dan output dari simulasi matematika.Output informasi digunakan oleh
manajer maupun non manajer dalam perusahaan saat mereka membuat keputusan untuk
memecahkan masalah.
model sistem
informasi manajemen
MODEL SISTEM
INFORMASI MANAJEMEN
Definisi model sistem informasi manajemen dapat
digambarkan pada gambar diatas.Database berisi data yang disediakan oleh
SIA.Selain itu,data maupun informasi dimasukkan dari lingkungan .Isi databse
digunakan oleh perangkat lunak yang menghasilkan laporan periodik dan laporan
khusus,serta model matematika yang mensimulasikan beragam aspek operasi
perusahaan.Output perangkat lunak digunakan oleh orang-orang dalam perusahaan
yang bertanggung jawab memecahkan masalah perusahaan.Tidak seperti
SIA,SIM tidak berkewajiban menyediakan informasi bagi lingkungan.
A.Pengantar Sistem Informasi Berbasis
Komputer
Apa sih pengertiannya dari suatu sistem informasi yang
berbasis komputer ini,,??
Di mulai dari tugas-tugas yang dilakukakan komputer
disebut aplikasi.Istilah sistem sering jugadigunakan.Pada awalnya,satu-satunya aplikasi komputer
adalah pengolahan data.Sistem pengolahan data perusahaan terdiri dari berbagai
subsistem seperti gaji dan persediaan.Sekarang,aplikasi-aplikasi ini disebut sistem informasi akuntasi (SIA)
Ketika perusahaan besar berhasil menerapkan aplikasi
pengolahan data mereka,berbagai tantangan baru muncul.Komputer dikenal sebagai
peralatan yang dapat menghasilkan informasi untuk pengambilan keputusan
manajemen.Pertama,ada konsep sistem informasi manajemen,atauSIM.Kemudian
muncul suatu perkembangan yang dikenal sebagai sistem
pendukung keputusan (decision support system),atau DSS.SIM dan DSS telah mendapatkan sangat banyak
perhatian dari para manajer dan spesialis informasi selama dua puluh tahun
terakhir ini.
Sekarang,dua area komputer baru sedang berkembang,dan
keduanya menerapkan komputer dengan cara yang sama sekali berbeda.Yang pertama,otomatisasi kantor,bertujuan
menggunakan komputer dan peralatan elektronik lain untuk meningkatkan
komunikasi antar pribadi.Yang kedua bertujuan
menggunakan komputer untuk meniru aspek-aspek tertentu dari penalaran manusia
yaitukecerdasan buatan dan subsetnya,sistem pakar.
B.Tekhnologi
Informasi Sebagai Keunggulan Kompetitif
Keunggulan kompetitif adalah kemampuan perusahaan
untuk memformulasi strategi pencapaian peluang profit melalui maksimisasi
penerimaan dari investasi yang dilakukan. Sekurang-kurangnya ada dua prinsip
pokok yang perlu dimiliki perusahaan untuk meraih keunggulan kompetitif
yaitu adanya nilai pandang pelanggan dan keunikan produk.
·
Sudut Pandang Nilai Pelanggan.
·
Sudut Keunikan.
Banyak cara untuk mencapai keunggulan kompetitif
diantaranya:
Suatu perusahaan pasti ingin memiliki suatu keunggulan
tersendiri dibandingkan dengan para pesaingnya. Berbagai cara pastilah
dilakukan, seperti halnya peningkatan mutu dan kualitas barang atau jasa,
peningkatan pelayanan, penyediaan barang dan jasa yang lebih murah, dan
lain-lain.
Pada bidang komputer, keunggulan kompetitif mengacu
pada penggunaan informasi untuk mendapatkan pengaruh terhadap pasar. Perusahaan
juga tidak selamanya hanya mengandalkan pada sumberdaya fisik, tetapi pada
sumber daya konseptual yang unggul baik data dan informasi yang dapat digunakan
harus sama baiknya.Beberapa perusahaan telah mendapatkan publikasi yang luas
karena menggunakan informasi untuk mencapai keunggulan kompetitif. Diantaranya
: American Airlines dengan sistem pemesanan penerbangan
“Sabre”; American Hospital Supply dengan jaringan EDI (Electronic Data
Interchange); dan Mc Kesson Drug dengan sistem distribusinya yang disebut
Economost. Ada 3 pokok penting mengenai 3 contoh keunggulan kompetitif di atas
:
·
Tidak satupun perusahaan di atas yang puas hanya
mengandalkan sumber daya fisik untuk menjadi pesaing yang tangguh.
·
Tidak ada aplikasi komputer inovatif yang memberikan
keunggulan kompetitif bagi perusahaan secara terus menerus.
·
Ketiga perusahaan tersebut memusatkan sumber daya
informasi mereka pada para pelanggannya.
Mckesson Drug
with the economost system
C.Manfaat
& Etika dari Sistem Informasi
Banyak sekali manfaat dari sistem informasi, berikut
adalah beberapa manfaat dari sistem informasi :
·
Memberikan informasi yang sudah terjamin kebenarannya
·
Lebih Efisien
·
Meningkatkan kemampuan dalam mengambil keputusan
·
Meningkatkan kualitas informasi
·
Lebih terjamin keamanannya
Manfaat Sistem Informasi Manajemen Dalam
Organisasi
Pengembangan sistem informasi manajemen memerlukan
sejumlah orang yang berketerampilan tinggi dan berpengalaman lama dan memerukan
partisipasi dari para manajer organisasi. SIM yang baik adalah SIM yang mampu
menyeimbangkan biaya dan manfaat yang akan diperoleh artinya SIM yang mampu
menyeimbangkan biaya dan manfaat yang akan diperoleh artina SIM akan menghemat
biaya, meningkatkan pendapatan serta tak terukur yang muncul dari informasi
yang sangat bermanfaat.
Berikut adalah etika dari sistem informasi :
·
Privasi
Merupakan hak seseorang untuk memberikan atau
tidak informasi yang akan diakses. Yang menyangkut hak individu untuk
mempertahankan informasi pribadi dari pengaksesan oleh orang lain yang tidak
diberi izin untuk melakukannya.
Privasi dibedakan menjadi privasi fisik dan privasi
informasi Privasi fisik ialah hak seseorang untk mencegah sseseorang yang tidak
dikehendaki terhadap waktu, ruang, dan properti (hak milik), sedangkan privasi
informasi adalah hak individu untuk menentukan kapan, bagaimana, dan apa saja
informasi yang ingin dikomunikasikan dengan pihak lain.Akurasi
Merupakan data yang diberikan harus tepat. Akurasi
terhadap informasi merupakan faktor yang harus dpenuhi oleh sebuah sistem
informasi. Ketidak akurasian informasi dapat menimbulkan hal yang mengganggu,
merugikan, dan bahkan membahayakan.
·
Propertis
Merupakan suatu perlindungan terhadap hak cipta.
Perlindungan terhadap hak properti yang sedang digalakkan saat ini yaitu
dikenal dengan sebutan HAKI(hak atas kekayaan intelektual). Di Amerika Serikat,
kekayaan intelektual diatur melalui tiga mekanisme, yaitu hak cipta
(copyright), paten, dan rahasia perdagangan (trade secret).
·
Akses
Merupakan akses yang diberikan kepada semua kalangan
untuk suatu kemudahan dalam pelayanan
Manfaat Strategis Untuk Sistem Informasi
Manfaat sistem informasi manajemen, dapat menolong
perusahaan untuk :
·
Meningkatkan Efisiensi Operasional
Investasi di dalam teknologi sistem informasi dapat
menolong operasi perusahaan menjadi lebih efisien. Efisiensi operasional membuat
perusahaan dapat menjalankan strategi keunggulan biaya low-cost leadership.
Dengan menanamkan investasi pada teknologi sistem informasi, perusahaan juga
dapat menanamkan rintangan untuk memasuki industri tersebut (barriers to entry)
dengan jalan meningkatkan besarnya investasi atau kerumitan teknologi yang
diperlukan untuk memasuki persaingan pasar. Selain itu, cara lain yang dapat
ditempuh adalah mengikat (lock in) konsumen dan pemasok dengan cara membangun
hubungan baru yang lebih bernilai dengan mereka.
·
Memperkenalkan Inovasi Dalam Bisnis
Penggunaan ATM. automated teller machine dalam
perbankan merupakan contoh yang baik dari inovasi teknologi sistem informasi.
Dengan adanya ATM, bank-bank besar dapat memperoleh keuntungan strategis
melebihi pesaing mereka yang berlangsung beberapa tahun. Penekanan utama dalam
sistem informasi strategis adalah membangun biaya pertukaran (switching costs)
ke dalam hubungan antara perusahaan dengan konsumen atau pemasoknya. Sebuah
contoh yang bagus dari hal ini adalah sistem reservasi penerbangan
terkomputerisasi yang ditawarkan kepada agen perjalanan oleh perusahaan
penerbangan besar. Bila sebuah agen perjalanan telah menjalankan sistem
reservasi terkomputerisasi tersebut, maka mereka akan segan untuk menggunakan
sistem reservasi dari penerbangan lain.
·
Membangun Sumber-sumber Informasi Strategis
Teknologi sistem informasi memampukan perusahaan untuk
membangun sumber informasi strategis sehingga mendapat kesempatan dalam
keuntungan strategis. Hal ini berarti memperoleh perangkat keras dan perangkat
lunak, mengembangkan jaringan telekomunikasi, menyewa spesialis sistem
informasi, dan melatih end users.
Sistem informasi memungkinkan perusahaan untuk membuat
basis informasi strategis (strategic information base) yang dapat menyediakan
informasi untuk mendukung strategi bersaing perusahaan. Informasi ini merupakan
aset yang sangat berharga dalam meningkatkan operasi yang efisien dan manajemen
yang efektif dari perusahaan. Sebagai contoh, banyak usaha yang menggunakan
informasi berbasis komputer tentang konsumen mereka untuk membantu merancang
kampanye pemasaran untuk menjual produk baru kepada konsumrunakan seen.
Fungsi dari sistem informasi tidak lagi hanya
memproses transaksi, penyedia informasi, atau alat untuk pengambilan keputusan.
Sekarang sistem informasi dapat berfungsi untuk menolong end user manajerial
membangun senjata yang menggunakan teknologi sistem informasi untuk menghadapi
tantangan dari persaingan yang ketat. Penggunaan yang efektif dari sistem
informasi strategis menyajikan end users manajerial dengan tantangan manajerial
yang besar.
D.Model Sistem Umum Perusahaan & Pendekatan Sistem
·
Sistem Informasi Keuangan
Sistem informasi keuangan yang dimekanisasi telah
dipergunakan seabad lebih lamanya.Mesinpunched-card,yang
merupakan satu-satunya alternatif nyata bagi perusahaan besar sebelum adanya
komputer,banyak dipakai dalam fungsi keuangan.Si key driven.
Penerapan mesin-mesin ini terbatas pada pengolahan
data akuntasi,dan kebutuhan informasi manajer kurang diperhatikan,bahkan oleh
manajer keuangan.Ketika komputer muncul,komputer juga diterapkan dengan cara
yang sama.Baru pada pertengahan 1960-an dikembangkan sistem
informasi keuangan yang dapat menangani segala sesuatu diluar tugas-tugas dasar
akuntasi.
Kita telah mengetahui bahwa fungsi keuangan
berhubungan dengan arus uang yang melalui perusahaan.Pertama,perlu diperoleh
uang yang cukup untuk mendukung kegiatan manufaktur,pemasaran,dan kegiatan
lainnya.Kemudian dana ini diperlukan untuk memastikan agar dana tersebut digunakan
dengan cara yang paling efektif.
Model Sistem Informasi Keuangan
Kita menggunakan istilah sistem informasi keuanganuntuk menjelaskan subsistem
CBIS yang memberikan informasi kepada orang atau kelompok baik di dalam maupun
di luar perusahaan mngenai masalah-masalah keuangan perusahaan,informasi
disajikan dalam bentuk laporan periodik,laporan khusus,hasil dari simulasi
matematika,komunikasi elektronik dan saran dari sistem pakar.
model sistem
informasi keuangan
Model sistem informasi keuangan tampak pada gambar
diatas.Seperti sistem informasi fungsional lainnya,sistem informasi keuangan
berisi subsistem input dan output.Dua dari
subsistem input,sistem informasi akuntasi dan suatu subsistem yang dikhususkan
untuk mengumpulkan intelijen,juga terdapat pada sistem fungsional
lainnya.Subsistem input ketiga,audit internal,terdiri dari auditor yang
menganalisis sistem konseptual perusahaan untuk memastikan bahwa data-data
keuangan diproses secara tepat.
Tiga subsistem output mempengaruhi arus uang
perusahaan.Subsistem peramalan (forecasting)memproyeksikan
kegiatan jangka panjang perusahaan dalam lingkungan ekonomi.Subsistem manajemen
dana mengelola arus uang,menjaganya agar tetap seimbang dan positif.Subsistem
pengendalian memunginkan manajer untuk menggunakan secara efektif semua jenis
sumber daya yang tersedia.
Seperti sistem informasi fungsional lainnya,subsistem
putput berisi berbagai jwnis perangkat lunak uyang mengubah isi database menjadi
informasi.
Model Sistem Informasi Pemasaran
model sistem
informasi pemasaran
Semua keputusan yang dibuat manajer pemasaran
berhubungan dengan satu atau beberapa unsur-unsur bauran.Krena alasan
tersebut,unsur-unsur itu merupakan cara yang baik untuk mengkategorikan
kegiatan MKIS.MKIS dapat dirancang sehingga mendukung keputusan
yang berhubungan dengan tiap unsur.Model ini
terdiri dari kombinasi-kombinasi subsistem-subsistem input dan output yang
dihubungkan dengan database.
Subsistem Output
Tiap subsistem output menyediakan informasi tentang
subsistem itu sebagai bagian dari bauran.Subsistem produk menyediakan informasi
tentang produk perusahaan.Subsistem tempat menyediakan informasi tentang
jaringan distribusi perusahaan.Subsistem promosi menyediakan informasi tetang
kegiatan periklanan perusahaan-perusahaan dan penjualan langsung.Subsistem
harga membantu manajer membuat keputusan harga.Dan subsistem
bauran terintegrasi yang memungkinkan manajer untuk mengembangkan strategi yang
mempertimbangkan dampak gabungan dari unsur-unsur tersebut.
Tiap subsistem output terdiri dari program-program di
dalam koleksi perangkat lunak.Berbagai program ini memungkinkan manajer untuk
mendapat informasi dalam bentuk laporan periodik dan khusus,hasil simulasi matematika,komunikasi
elektronik dan saran sistem pakar.
Database
Data yang digunakan oleh subsistem output berasal dari
database.Beberapa data dalam database adalah unik bagi fungsi pemasaran,tapi
banyak yang berbagi dengan area fungsional lainnya.
Subsistem Input
Subsistem input yang menyediakan data bagi database
didasarkan pada model Kotler.Sistem informasi akuntasi mengumpulkan daa yang
menjelaskan transaksi pemasaran perusahaan.Subsistem intelijen pemasaran
mengumpulkan informasi dari lingkungan perusahaan yang berkaitan dengan operasi
pemasaran.Subsistem penelitian pemasaran melakukan penelitian khusus mengenai
operasi pemasaran untuk tujuan mempelajari kebutuhan konsumen,dan meningkatkan
efisiensi pemasaran.
Nah itulah pembahasan terkait mengenai Sistem
Informasi manajemen.Sebenarnya masih ada model-model sistem informasi lainnya
yang menjadi satu pokok pembahasan sistem informasi manajemen.Seperti Model
Sistem Informasi Personalia,Model Sistem Informasi Eksekutif,Model Sistem
Informasi Manufaktur,dll.Namun yang di bahas di sini
hanya dua unsur saja dari Sistem Informasi Manajemen.
Semoga Bermanfaat..
Sumber :
·
Sistem Informasi Manajemen-Raymond McLeod,penerjemah :
Hendra Teguh SE,AK
Komentar
Posting Komentar